Selasa, 20 November 2012


PENTINGNYA PEMBELAJARAN KOMPUTER PADA AUD
Sebagaimana kita ketahui zaman sekarang adalah zaman yang canggih dan modern yang sudahnya banyaknya penemuaan baru tentang teknologi yang memudahkan kita untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan juga pekerjaan yang susah menjadi ringan.seperti adanya komputer pada saat ini sangat membantu orang dalam mengerjakan tugas,dimana orang tidak susah-susah lagi menulis menggunakan pena dalm menulis atau membuat laporan,surat dan lain-lain.
Setiap tahun sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman teknologi semakin berkembang dan semakin ada saja yang baru yang lebih canggih,maka dari hal ini juga kita harus mengikuti perkembangan zaman,jadi kita disini dalam dunia pendidikan harus mengikuti kemajuan teknologi agar anak-anak didik tidak kitinggalan dan juga untuk menyiapkan diri anak agar anak bisa menyesuaikan diri.
Didalam pendidikan AUD dini kita harus sudah mengenalkan dan menggunakan alat-alat teknologi tersebut seperti komputer,dengan adanya pembelajaran yang mengguanakan kompter pada AUD maka sebagai seorang guru dengan adanyapembelajaran komputer pada AUD selain mengenalkan mereka dengan teknologi juga pembelajaran komputer ini sangat berguna dan bermaanfaat agi anak karena dengan bermain komputer berbagai aspek perkembangan ank dapat berkembang seperti berkembangnya motorik anak,perkembangan bahasa,dan banyak lagi yang berkembang.akan tetapi dalam pembelajaran komputer pada anak usia dini perlu adanya bimbingan dan pengawasan dari seorang guru dan juga harus adanya petunjuk dari orang yang lebih dewasa atau orang yang bisa membantu anak tersebut dalam bermain,karena disini anak di  suruh bermain dengan menggunakan komputer akan tetapi anak seumpamanya di suruh menggambar,bermain game,dan juga yang lainnya.
Dalam pembelajaran komputer ini anak akan merasa senang dan tidak akan merasa bosan hal ini di sebabkan karena anak merasa bebas memainkan komputer seperti anak di suruh menggambar dengan menggunakan komputer maka di sini kita membiarkan dan memberikan kebebasan  kepada anak maka dengan hal ini dapat membuat anak mengeluarkan  idenya,dan juga denagan belajar menggambar dengan menggunakan komputer ini juga dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak yaitu:
·         Berkembangnya kognitif anak  dimana anak disini akan berpikir bagaimana caranya agar dia dapat menggambar dengan baik dan juga anak akan menggingat kembali apa-apa pengalaman yang menarik di sini anak akan menceritakan lewat gambaran walaupun gambaran itu tak bagus.
·         Berkembangnya bahasa anak,dimana dalam pembelajaran komputer pada AUD dapat mengembangkan bahasa anak melalui menggambar dengan mengguanak komputer,dimana disini sebagai seorang guru hendaknya menanyakan kepada anak  apa alasannya dia menngambar dari apa yang sudah dia kerjakan,jadi disni anak disuruh menceritakan tentang gambar yang sudah ia buat tersebut.jadi disini bahasa anak akan berkembang dan juga dapat melatih,dan memancing anak untuk berbicara sehingga anak tidak merasa malu-malu.
·         Berkembangnya seni anak,belajar dengan menggunakan komputer ini juga dapat mengembangkan seni  dimana anak mampu dan memilih warna-warna yang menarik serta yang cerah jadi sini anak akan merasa senang menggunakan dan memilih warna sehinnga dengan mewarnai tersebut akan membuat akan lebih indah gambar tersebut.
·         Berkembangnya motorik anak,di sini anak bermain komputer juga dapat mengembangkan motorik anak seperti kelincahan anak dalam memegang mouse dan kelincahannya tersebut dapat melatih dan membuat agar tangannya lincah dalam menggerakkan mouse.
     Sebagai seorang guru agar anak-anak didik tersebut tidak ketinggalan dalam menggunakan teknologi jadi kita perlu mengenalkannya dri kecil yaitu dapat juga di lalui dalam pembelajaran seperti dalam PAUD contonhya kita mengajarkan komputer,dengan hal tersebut maka anak akan merasa senang dengan belajar dan juga tidak merasa bosan.dimana koputer  juga merupakan Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran.Kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.
Prinsip pembelajaran ini menggunakan komputer sebagai alat bantu menyampaikan pelajaran kepada user secara interaktif. Perubahan metode pembelajaran dan pengajaran telah menyebabkan alat yang digunakan menjadi meluas, misalnya: video, audio, slide dan film di sini sebagai seorang pendidik AUD komputer sangat berguna dalam pendidikan AUD karena dapat membantu dalam proses pembelajaran seperti untuk  menunjukkan audio,video pada AUD  kita perlu komputer.     `          
CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar anak. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
Penggunaan Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran adalah sebagai berikut:
1        Untuk Tujuan pengembangan kognitif anak
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.di mana dengan hal ini dapat mengembangkan kognitif anak karena dengan berbagai video yang di perlihatkan kepada anak maka anak dapat berpikir dan rasa ingin tahu akan mucul pertanyaan dengan apa yang di lihanya.
2        Untuk Tujuan  mengembangkan Psikomotor anak
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya maka dengan melihat gambar tayangan atau pun video tersebut maka anak tersebut akan menirukan gerakan apa yang sedang ia lihat dari video tersebut sehingga psikomotor anak akan berkembang.
3        Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer untuk menayangkan gambar tersebut.
Keistimewaan pemakaian komputer dalam proses pembelajaran (Muhamad Ikhsan, 2006) ..
·         Bisa digunakan kapan saja (tidak terbatas waktu) dan bisa digunakan dimana saja (tidak terbatas ruang).
·         Hilangkan rasa malu takut adapu bagi ank yang pemalu disini dapat kita bantu belajar komputer dengan perorangan agar anak-anak tidak malu bertanay apa bila anak-anak tidak bisa memainkan komputer tersebut.
·         Kemudian diikuti dengan sejumlah pertanyaan kepada anak tentang apa yang sedang di maiankan oleh anak maka disini dapat mengembnagkan bahasa anak agar memancing anak untuk berbicara.
Adapun pembelajaran komputer yang melalui “game” yang di ajarkan sekaligus dapat berperan sebagai motivator,pendekatan motivasi de bedakan antara lain sebagi berikut:
·         Motivasi intrinsik: disini ada reward seperti “point” misalnya, anak menyenangi permainan tersebut sehingga sebagai seorang guru memberi anak reward agar mereka lebih semangat bermain game tersebut dan juga guru harus membiarkan anak bermain sesuai keinginannya.
·         motivasi ekstrinsik : ada reward dari luar, misalnya uang, atau “point”  di sini kita memberikan reward seperti hadiah apa saja agar anak lebih semangat bisa juga dengan” point” dengan adanya reward ini dapat membuat anak bisa lebih senang akan tetapi di sisni juga kita harus memberi reward kepada anak yang lainnya agar mereka tidak terjadi kecemburuaan di antara mereka.
Menimbulkan motivasi intrinsik harus ada tiga hal:
·         Challenge : Goal dari permainan harus jelas. Selain itu hasil/konsekwensi yang dapat dicapai akibat dari aksi/response pemain sulit untuk diterka semacam ada unsur luck. Tidak diketahui cara/strategi yg paling optimal.

·         Fantasy : Adanya situasi permainan yang merangsang munculnya imaginasi pemain.

·         Curiosity : Ada unsur yang “baru” (novelty) bagi pemain, akan jangan terlalu banyak hal “barunya” sebab akan menyebabkan permainan sukar dimengerti.
Suatu konsep atau keadaan yang akan dieksplorasi proses perubahan atau terjadinya. anak akan diberikan sejumlah variabel (beserta parameternya) yang dapat di mainkan/manipulasi untuk menimbulkan keadaan tertentu. Asumsi dasar dari proses belajar disini adalah melalui percobaannya anak  di suruh memainkan komputer  agar dia bisa langsung merasakan dan berpikir apa yang ia mainkan akan tetapi butuh bimbingan dari pendidik.
Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap proses perubahan dapat secara langsung dimainkan, atau di manipulasi siswa sehingga ia dapat melihat langsung bagaimana pengaruh setiap variabel itu.Umumnya anakakan lebih termotivasi menjalankan simulasi karena anak mempunyai rasa ingintahu yang tinggi.

















ANALISANYA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar