JENIS ALAT
PERMAINAN PEABODY
BONEKA TANGAN DAN BONEKA JARI :
Fungsi :
·
mengembangkan bahasa anak,
·
mempertinggi keterampilan dan
kreatifitas anak,
·
mengembangkan aspek moral/menanamkan
nilai-nilai kehidupan anak
·
melatih daya fantasi
·
melatih keterampilan jari
jemari tangan
Bahan yang dibutuhkan
·
kain warna warni (kain
planel,kain yang tidak transparan) tujuannya agar anak tidak dapat melihat isi
yang ada di dalannya.
·
gunting
·
jarum
·
benang sulam
·
Mata boneka
·
pensil
·
Lem uhu
·
Cerita
Teknik Pembuatan boneka jari :
·
Kain dibentuk sesuai dengan
figur cerita.
·
Potongan kain ukuran 4 – 6 cm atau sesuai jari
tangan
·
dijahit dengan tusuk feston.
Teknik pembuatan boneka tangan :
·
Kain dibentuk sesuai dengan
figur cerita.
·
Potongan kain sesuai ukuran
tangan
·
dijahit dengan tusuk feston.
·
Gunakan lem untuk memasang
matanya
Cara Penggunaan
:
·
Boneka tangan ditampilkan
dengan menggunakan panggung boneka
·
Sebagai pendahuluan, guru
menyebutkan judul cerita untuk menarik minat anak
·
Guru memasang boneka jari pada sejumlah jarinya
·
guru memberi kesempatan kepada anak untuk
mengikuti jalannya cerita
·
guru menggerakkan boneka jari dengan jalan
menggerakkan jari ketika tokoh cerita sedang dialog
·
Gurumemberi kesempatan kepada anak untuk
bertanya, Guru menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar anak agar lebih
menghayati cerita
·
guru memberi kesempatan pada anak untuk
menceritakan
·
guru memupuk dan mendorong
keberanian anak menceritakan kembali cerita yang dilihat
Pergi Ke kebun
Pooh dan piglet mau pergi
ke kebun.Mereka mau memetik hasil kebunnya,di kebunnya itu terdapat berbagai
jenis sayuran,seperti :wartel dan tomat.Pooh berkata “piglet coba lihat buah
tomatnya sudah merah,berariti kita sudah bias untuk mengambilnya”. “Ia ayo kita ke situ” kata piglet”. Piglet
memasukkan buah tomat kedalam keranjang yang di pegang Pooh.Mereka memetik
hasil ebunnya dengan perasaan yang menyenangkan.Kemudian mereka pergi mengambil
wartel,karena sesampai di rumah mereka ingin memasak sayur.Piglet menarik dengan
semangatnya sehingga ia terjatuh.Pooh membantu piglet untuk berdiri”Makasi ya
Pooh” kata piglet.Setelah itu mereka pulang kerumah sambil bernyanyi.Kemudian
memasak sayur dan menyantapnya bersama.
RANGGA DAN SI MONYET
Suatu hari yang
cerah,Rangga sedang asyik mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkannya
untuk menanam pisang.Setelah perlengkapannya cukup diapun bergegas pergi
kekebun pisangnya.Diapun yang mencarilahan yang kosonguntuk ditanami pisang.
Darisemak –semak
seekormonyet tengah mengintip rannga yang sibuk dengan pekerjaanyaSi monyetpun
terusmemperhatikan ranggayang sedang menanam pisang.Tiba – tiba si monyet
terjatuhRanggapun kaget dan berkata”Siap itu “.”Saya monyet” tutur si
monyet.Sedang apa kamu di sana”tanny rangga”. Monyat menjawabSaya sedang
memperhatiakan bagaimana caramenanam pisang sendiri agar saya tidak mencuri
lagi di kebun pak tani” Mendengar ucapan si monyet,Ranngapun terharu dan ingin
berbagi ilmunyakepada monyet.
‘mendekatlahaku akan
mengajarkankamubagaimana caranya menanam pisang” tutur rangga. Dengansedaang
hati rangga mengajarkan monyet dan dengan riangnyasi monyet memperhatikan
dengan sungguh- sungguh
PIRINGAN HITAM :
Fungsi :
·
mengembangkan bahasa anak,
·
mengembangkan aspek
moral/menanamkan nilai-nilai kehidupan anak
·
melatih daya fantasi
Bahan yang dibutuhkan :
·
CDRW ,Flash Disk ,HP, LAPTOP
Cara penggunaan :
·
Aktif kan CDRW,Flas,hp,Laptop
atau yang telah di isi lagu,syair atau
cerita
·
Minta anak untuk memperhatikan
·
Minta anak untuk bertanya
·
Tarik kesimpulan
KANTONG PINTAR :
Fungsi :
·
Dapat mengembangkan segala
aspek perkembangan anak baik
kognitif,afektif,bahasa,psikomotor sesuai tujuan guru
Bahan :
·
kain perca
·
benang
·
gunting
·
jarum
Teknik pembuatan :
·
potong kain sesuai ukuran
·
Buat model kantong
·
Jahit
Cara penggunaan :
·
Tempelkan pada papan tulis
dengan menggunakan paku
·
Perkenalkan pada anak,misalnya
warna pada kain tersebut
·
Buat game,misalnya minta anak
untuk mencari angka empat atau yang lainnya
TONGKAT
AJAIB :
Bahan :
·
Kayu
·
Lem
·
Kertas warna – warni
·
Sterofoam
Teknik pembuatan :
·
Potong kayu sesuai ukuran yang
diinginkan
·
Balut dengan kertas yang
berwarna
·
Temple kan aksesoris yang di
buatdari sterofoam
ALAT
PERMAINAN MONTESSORI
PUZZLE
Fungsi :
·
mengenal bentuk-bentuk yang tak
beraturan
·
melatih daya pengamatan dan daya
konsentrasi
·
melatih menguraikan dan
menyatukan kembali pada bentuk semula
·
melatih keterampilan jari-jari anak (motorik
halus)
bahan :
·
Strfofoam warna warni
·
Gergaji kecil untuk memotong
·
Pensil
·
penggaris
Teknik pembuatan :
·
Memrancang bentu puzzle yang di
inginkan
·
Potong sesuai ukuran
·
Gergaji kecil untuk memotong kepingan puzzle yang di
inginkan
·
Susun sesuai bentuk yang telah
di ancang
Cara Penggunaan :
·
Memperlihatkan gambar puzzle
sebagai kesatuan
·
lalu mengeluarkan gambar-gambar tersebut
menjadi bagian-bagian
·
Menyusun kembali gambar itu
disesuaikan dengan lekuk - lekuk yang sudah ada di papan dasar
·
Mengajak anak untuk mencoba menyusun puzzle
·
Memberi kesempatan pada anak untuk menyusun
puzzle sendiri
BALOK
GEOMETRI
Fungsi :
·
mengenal bentuk-bentuk geometri misalnya: warna , banyak sudut dll
·
melatih daya pengamatan dan daya
konsentrasi
·
melatih keterampilan jari-jari anak (motorik
halus)
Bahan :
·
Sterofoam atau kayu
·
Penggaris
·
Paku atau lidi
·
Alat pemotong seperti scater
atau gergaji kecil
Teknik pembuatan :
·
Memrancang bentuk geometri yang di inginkan denagn warna yang menarik
·
Potong sesuai atau lidi pada ukuran yangdi inginkan
·
Gergaji kecil untuk memotong geometri
·
Tusukkan sepaku pada kayu atau
kayupada sterofoam . (lingkaran satu ,persegi panjang dua.segitiga tiga,persegi empat empat)
Cara Penggunaan
·
Memperlihatkan balok
geometrikepada anak
·
Memperkenalkankan kepada anak
bentuk geometri
·
Menerang karakterristik masing
– masing . misalnya :segi tiga memiliki 3 sisi,ayo anak – anak kita hitung
barsama, menanyakan warna pada geometri
·
Mengajarkan kepada anak cara
menyusunnya balok geometri dengan memasukkan lubang di paku atau di lidi
·
Menanyakan dikehidupan sehari –
hari apa saja yang berbentuk segi tiga ,mis : rumah dll
·
Memberi kesempatan pada anak untuk menyusun sendiri
TABUNG
Fungsi :
·
Dapat mengenalkan konsep sama
besar
·
Dapat mengenalkan konsepsama
tinggi
·
Konsep ruanagan, isi
·
Konsep tinggi ,rendah
Bahan :
·
Karton jerami
·
Pensil
·
Penggaris
·
Gunting
·
Lem
·
Kertas warna warni
Teknik pembuatan
:
·
Potong sesuai ukuran
·
Kemudian potong
·
Buat menyaerupai tabung
·
Lampisi denagn kertas warna
warni
Cara Penggunaan :
·
Memperlihatkan tabungpada anak
·
Memperkenalkankan kepada anak
bentuk tabung
·
Menperkenalkan kepada anak
konsep warna,sama besar.sama tinggi,ruang,isi,tinggi,rendah(aspek kognitif
anak,juga bias aspek lain tergantung pada kreatifitas guru dalam enyampaian
pada anak
·
Menanyakan dikehidupan sehari –
hari apa saja yang di lihat menyerupai tabung
·
Memberi kesempatan pada anak untuk mengisi
tabung sendiri dan mebandingkannya. Sehingga anak terpacu untuk kritis
terhadap hal hal yang ada di dekatnya
MEMASANG
KANCING BAJU
Fungsi ;
·
Mengembangkan aspek motorik
halus pada anak
·
Anak dapat membedakan bentuk
dan cara pemasangan
·
Anak dapat menyebutkan dan membedakan warna
Bahan :
·
Baju bekas,atau kain perca
·
Kancing
·
Benang
Teknik pembuatan
:
·
Pasang kancing baju denagn cara
menjahitkannya dengan benang
Cara penggunaan
:
·
Guru memperlihatkan kepada anak
·
Menjelaskan unsure yang ada,seper
ukurannya,bentuk,warna dan jumlahnya
·
Kemudian minta anak untuk memasang kancing tersebut
PERMAINAN
CUISENAIRE
BALOK CUISENAIRE
Fungsi :
·
Mengembangkan kemampuan
bernalar
·
Mengembangkan motorik halus
·
Melatih ketelitian
Bahan :
·
Kertas karton
·
Gunting
·
Lem fox
·
Penggaris
·
Pensil
·
Lambing angka
TUGAS
MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
OLEH :
NAMA : SEPTIA HANDAYANI
NIM
: 1100786
PG PAUD REGULER 2011
DOSEN PEMBIMBING :
Dra.Hj. Sri Hartati, M.Pd
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar