Selasa, 18 Desember 2012

KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK TK


KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK TK

A.    Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran

          Perencanaan adalah suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Uno, 2008:2).
 Sedangkan yang dimaksud pembelajaran memiliki hakikat perencanaan atau perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa.
 Itulah sebabnya dalam belajar, siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru sebagai salah satu sumber belajar, tetapi mungkin berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, pembelajaran memusatkan perhatian pada "bagaimana membelajarkan siswa", dan bukan pada “apa yangdipelajari siswa”.
 Adapun perhatian terhadap apa yang dipelajari siswa merupakan bidang kajian dari kurikulum, yakni mengenai apa isi pembelajaran yang harus dipelajari siswa agar dapat tercapainya tujuan. Pembelajaran lebih menekankan pada bagaimana cara agar tercapai tujuan tersebut. Dalam kaitan ini hal-hal yang tidak bisa dilupakan untuk mencapai tujuan adalah bagaimana cara menata interaksi antara sumber-sumber belajar yang ada agar dapat berfungsi secara optimal.
        Dalam konteks pengajaran, perencanaan dapat diartikan sebagai proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media, pendekatan dan metode pembelajaran, dan penilaian dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
        Berdasarkan uraian di atas, konsep perencanaan pengajaran dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, yaitu:
1.      Perencanaan pengajaran sebagai teknologi
2.      Perencanaan pengajaran sebagai suatu sistem
3.      Perencanaan pengajaran sebagai sebuah
4.      Perencanaan pengajaran sebagai sains (science)
5.      Perencanaan pengajaran sebagai sebuah proses
6.      Perencanaan pengajaran sebagai sebuah realitas
          Dengan mengacu kepada berbagai sudut pandang tersebut, maka perencanaan program pengajaran harus sesuai dengan konsep pendidikan dan pengajaran yang dianut dalam kurikulum. Penyusunan program pengajaran sebagai sebuah proses, disiplin ilmu pengetahuan, realitas, sistem dan teknologi pembelajaran bertujuan agar pelaksanaan pengajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Kurikulum khususnya silabus menjadi acuan utama dalam penyusunan perencanaan program pengajaran, namun kondisi sekolah/madrasah dan lingkungan sekitar, kondisi siswa dan guru merupakan hal penting jangan sampai diabaikan.
Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran
          Perlunya perencanaan pembelajaran sebagaimana disebutkan di atas, dimaksudkan agar dapat dicapai perbaikan pembelajaran. Upaya perbaikan pembelajaran ini dilakukan dengan asumsi berikut:
1.      untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali dengan peren­canaan pembelajaran yang diwujudkan dengan adanya desain pembe­lajaran;
2.      untuk merancang suatu pembelajaran perlu menggunakan pendekatan sistem;
3.      perencanaan desain pembelajaran diacukan pada bagaimana seseorang belajar;
4.      untuk merencanakan suatu desain pembelajaran diacukan pada siswa secara perseorangan;
5.      pembelajaran yang dilakukan akan bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini akan ada tujuan langsung pembelajaran, dan tujuan pengiring dari pembelajaran;
6.      sasaran akhir dari perencanaan desain pembelajaran adalah mudahnya siswa untuk belajar;
7.      perencanaan pembelajaran harus melibatkan semua variabel pembelajaran;
8.      inti dari desain pembelajaran yang dibuat adalah penetapan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manfaat Perencanaan Pembelajaran                                    
          Perencanaan pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswanya. Perencanaan pembelajaran juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.
        Terdapat beberapa manfaat perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar yaitu:
1.      sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan;
2.      sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan;
3.      sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid;
4.      sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja;
5.      untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja;
6.      untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat, dan biaya.
          Sedangkan penerapan konsep dan prinsip pembelajaran berbasis kompetensi diharapkan bermanfaat untuk:
1.      Menghindari duplikasi dalam memberikan materi pelajaran.
2.      Dengan menyajikan materi pelajaran yang benar-benar relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai, dapat dihindari terjadinya duplikasi dan pemberian materi pelajaran yang terlalu banyak.
3.      Mengupayakan konsistensi kompetensi yang ingin dicapai mengajarkan suatu mata pelajaran. Dengan kom­petensi yang telah ditentukan secara tertulis, siapapun yang mengajarkan mata pelajaran tertentu tidak akan bergeser atau menyimpang dari kompetensi dan materi yang telah ditentukan.
4.      Meningkatkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, kecepatan, dan kesempurnaan siswa.
5.      Membantu mempermudah pelaksanaan akreditasi. Pelaksa­naan akreditasi akan lebih dipermudah dengan menggunakan tolok ukur standar kompetensi
6.      memperbarui sistem evaluasi dan laporan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran berbasis kompetensi, keberhasilan siswa diukur dan dilaporkan berdasar pencapaian kompetensi atau subkompetensi tertentu, bukan didasarkan atas perbandingan dengan hasil belajar siswa yang lain.
7.      Memperjelas komunikasi dengan siswa tentang tugas, kegiatan, atau pengalaman belajar yang harus dilakukan, dan cara yang digunakan untuk menentukan keberhasilan belajarnya.
8.      Meningkatkan akuntabilitas publik. Kompetensi yang telah disusun, divalidasikan, dan dikomunikasikan kepada publik, sehingga dapat digunakan untuk mempertanggung-jawabkan kegiatan pembelajaran kepada publik.
9.      Memperbaiki sistem sertifikasi. Dengan perumusan kom­petensi yang lebih spesifik dan terperinci, sekolah/madrasah dapat mengeluarkan sertifikat atau transkrip yang menyata­kan jenis dan aspek kompetensi yang dicapai.

Prinsip-prinsip Umum tentang Mengajar
        Prinsip-prinsip umum yang harus dijadikan pegangan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar adalah sebagai berikut.
1.      Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki siswa. Apa yang telah dipelajari merupakan dasar dalam mempelajari bahan yang akan diajarkan. Oleh karena itu, tingkat kemampuan siswa sebelum proses belajar mengajar berlangsung harus diketahui guru. Tingkat kemampuan semacam ini disebut entry behavior. Entry behaviuor dapat diketahui di antaranya dengan melakukan pretes. Hal ini sangat penting agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
2.      Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan harus bersifat praktis. Bahan pelajaran yang bersifat praktis berhubungan dengan situasi kehidupan. Hal ini dapat menarik minat, sekaligus dapat memotivasi belajar.
3.      Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual setiap siswa.
4.      Kesiapan (readiness) dalam belajar sangat penting dijadikan landasan dalam mengajar. Kesiapan adalah kapasitas (kemampuan potensial) baik bersifat fisik maupun mental untuk melakukan sesuatu.
5.      Tujuan pengajaran harus diketahui siswa. Apabila tujuan pengajaran diketahui, siswa mempunyai motivasi untuk belajar. Agar tujuan mudah diketahui, harus dirumuskan secara khusus.
6.      Mengajar harus mengikuti prinsip psikologis tentang belajar. Para ahli psikologi merumuskan prinsip bahwa belajar itu harus bertahap dan meningkat. Oleh karena itu, dalam mengajar haruslah mempersiapkan bahan yang bersifat gradual, yaitu dari sederhana kepada yang kompleks (rumit); dari konkret kepada yang abstrak; dari umum (general) kepada yang kompleks; dari yang sudah diketahui (fakta) kepada yang tidak diketahui (konsep yang bersifat abstrak); dengan menggunakan prinsip induksi ke induksi atau sebaliknya, dan sering menggunakan reinforcement (penguatan).

Tipe-tipe Belajar
Dalam praktik pengajaran, penggunaan suatu dasar teori untuk segala situasi merupakan tindakan kurang bijaksana. Tidak ada suatu teori belajar pun cocok untuk segala situasi. Karena masing-masing mempunyai landasan yang berbeda dan cocok untuk situasi tertentu. Robert M. Gagne mencoba melihat berbagai teori belajar dalam satu kebulatan yang Baling melengkapi dan tidak bertentangan. Menurut Gagne, belajar mempunyai delapan tipe. Kedelapan tipe 1tu bertingkat, ada hierarki dalam masing-masing tipe. Setiap tipe belajar merupakan prasyarat bagi tipe belajar di atasnya.
Tipe belajar dikemukakan oleh Gagne pada hakikatnya merupakan prinsip umum baik dalam belajar maupun mengajar. Artinya, dalam mengajar atau membimbing siswa belajar pun terdapat tingkatan sebagaimana tingkatan belajar di atas. Kedelapan tipe itu adalah sebagai berikut.
1.      Belajar Isyarat (Signal Learning)
Belajar isyarat mirip dengan conditioned respons atau respons bersyarat. Seperti menutup mulut dengan telunjuk, isyarat untuk datang mendekat. Menutup mulut dengan telunjuk dan lambaian tangan adalah isyarat, sedangkan diam dan datang adalah respons. Tipe belajar semacam ini dilakukan dengan merespons suatu isyarat. Jadi, respons yang dilakukan itu bersifat umum, kabur, dan emosional.
2.      Belajar Stimulus-Respons (Stimulus Respons Learning)
Tipe belajar S–R, respons bersifat spesifik. 2 x 3 = 6 adalah bentuk suatu hubungan S–R. Mencium bau masakan sedap, keluar air liur, itu pun ikatan S–R. Jadi, belajar stimulus respons sama dengan teori asosiasi (S–R bond). Setiap respons dapat diperkuat dengan reinforcement. Hal ini berlaku pula pada tipe belajar stimulus respons
.
3.      Belajar Rangkaian (Chaining)
Rangkaian atau rantai dalam chaining adalah semacam rangkaian antara berbagai S–R yang bersifat segera. Hal ini terjadi dalam rangkaian motorik; seperti gerakan dalam mengikat sepatu, makan-minum-merokok; atau gerakan verbal seperti selamat-tinggal, bapak-ibu.
4.      Asosiasi Verbal (Verbal Assosiation)
Tipe belajar ini adalah mampu mengaitkan suatu yang bersifat verbalisme kepada sesuatu yang sudah dimilikinya. Misal "pyramids itu berbangun limas" adalah contoh tipe belajar asosiasi verbal. Seseorang dapat menyatakan bahwa piramida berbentuk limas kalau ia mengetahui berbagai bangun, seperti balok, kubus, dan kerucut. Hubungan atau asosiasi verbal terbentuk bila unsur-unsurnya terdapat dalam urutan tertentu, yang satu mengikuti yang lain.
5.      Belajar Diskriminasi (Discrimination Learning
Tipe belajar ini adalah pembedaan terhadap berbagai rangkaian seperti membedakan berbagai bentuk wajah, hewan, tumbuhan, dan lain-lain.
6.      Belajar Konsep (Concept Learning)
Konsep merupakan simbol berpikir. Hal ini diperoleh dari hasil memuat tafsiran terhadap fakta atau realita, dan hubungan antara berbagai fakta.
7.      Belajar Aturan (Rule Learning)
Belajar aturan adalah lebih meningkat dari tipe belajar konsep. Dalam belajar aturan, seseorang dipandang telah memiliki berbagai konsep yang dapat untuk mengemukakan berbagai formula, hukum, atau dalil.
8.      Belajar Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Tipe belajar yang terakhir adalah memecahkan masalah. Tipe belajar ini dapat dilakukan oleh seseorang apabila dalam dirinya sudah mampu meng­aplikasikan berbagai aturan yang relevan dengan masalah yang dihadapinya. Dalam memecahkan masalah diperlukan waktu yang cukup, bahkan ada yang memakan waktu terlalu lama. Juga sering kali harus melalui berbagai langkah, seperti mengenal tiap unsur dalam masalah itu. Dalam segala langkah diperlukan pemikiran sehingga dalam memecahkan masalah akan diperoleh hasil yang optimal.
Kedelapan tipe belajar di atas tampaknya para ahli sepakat. Tipe belajar yang memiliki hierarki. Setiap tipe belajar merupakan prasyarat bagi tipe belajar selanjutnya. Sebaliknya tiap tipe belajar memerlukan penguasaan pada tipe belajar di tingkat bawahnya. Belajar memecahkan masalah misalnya harus menguasai sejumlah aturan yang relevan, seterusnya untuk belajar aturan perlu penguasaan beberapa konsep yang digunakan pada aturan.
Dalam kaitan dengan perencanaan pengajaran, tipe belajar ini perlu mendapat perhatian, sebab hal ini menjadi salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan pengajaran yang diberikan kepada siswa. Dengan kata lain, agar siswa belajar mencapai taraf yang lebih tinggi, diperlukan kemampuan guru dalam menerapkan prinsip-prinsip sebagaimana yang telah diuraikan di atas.


B.     Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
Anak usia dini (0 – 8 tahun) adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan karena itulah maka usia dini dikatakan sebagai golden age (usia emas) yaitu usia yang sangat berharga dibanding usia-usia selanjutnya. Usia tersebut merupakan fase kehidupan yang unik. Secara lebih rinci akan diuraikan karakteristik anak usia dini sebagai berikut :
1.Usia 0 – 1 tahun
Pada masa bayi perkembangan fisik mengalami kecepatan luar biasa, paling cepat dibanding usia selanjutnya. Berbagai kemampuan dan ketrampilan dasar dipelajari anak pada usia ini. Beberapa karakteristik anak usia bayi dapat dijelaskan antara lain :
  1. Mempelajari ketrampilan motorik mulai dari berguling, merangkak, duduk, berdiri dan berjalan.
  2. Mempelajari ketrampilan menggunakan panca indera, seperti melihat atau mengamati, meraba, mendengar, mencium dan mengecap dengan memasukkan setiap benda ke mulutnya.
  3. Mempelajari komunikasi sosial. Bayi yang baru lahir telah siap melaksanakan kontrak sosial dengan lingkungannya. Komunikasi responsif dari orang dewasa akan mendorong dan memperluas respon verbal dan non verbal bayi.
Berbagai kemampuan dan ketrampilan dasar tersebut merupakan modal penting bagi anak untuk menjalani proses perkembangan selanjutnya.
2.Usia 2 – 3 tahun
Anak pada usia ini memiliki beberapa kesamaan karakteristik dengan masa sebelumnya. Secara fisik anak masih mengalami pertumbuhan yang pesat. Beberapa karakteristik khusus yang dilalui anak usia 2 – 3 tahun antara lain :
  1. Anak sangat aktif mengeksplorasi benda-benda yang ada di sekitarnya. Ia memiliki kekuatan observasi yang tajam dan keinginan belajar yang luar biasa. Eksplorasi yang dilakukan oleh anak terhadap benda-benda apa saja yang ditemui merupakan proses belajar yang sangat efektif. Motivasi belajar anak pada usia tersebut menempati grafik tertinggi dibanding sepanjang usianya bila tidak ada hambatan dari lingkungan.
  2. Anak mulai mengembangkan kemampuan berbahasa. Diawali dengan berceloteh, kemudian satu dua kata dan kalimat yang belum jelas maknanya. Anak terus belajar dan berkomunikasi, memahami pembicaraan orang lain dan belajar mengungkapkan isi hati dan pikiran.
  3. Anak mulai belajar mengembangkan emosi. Perkembangan emosi anak didasarkan pada bagaimana lingkungan memperlakukan dia. Sebab emosi bukan ditemukan oleh bawaan namun lebih banyak pada lingkungan.
3.Usia 4 – 6 tahun
Anak usia 4 – 6 tahun memiliki karakteristik antara lain :
  1. Berkaitan dengan perkembangan fisik, anak sangat aktif melakukan berbagai kegiatan. Hal ini bermanfaat untuk mengembangkan otot-otot kecil maupun besar.
  2. Perkembangan bahasa juga semakin baik. Anak sudah mampu memahami pembicaraan orang lain dan mampu mengungkapkan pikirannya dalam batas-batas tertentu.
  3. Perkembangan kognitif (daya pikir) sangat pesat, ditunjukkan dengan rasa ingin tahu anak yang luar biasa terhadap lingkungan sekitar. Hl itu terlihat dari seringnya anak menanyakan segala sesuatu yang dilihat.
  4. Bentuk permainan anak masih bersifat individu, bukan permainan sosial. Walaupun aktifitas bermain dilakukan anak secara bersama.
4.Usia 7 – 8 tahun
Karakteristik perkembangan anak usia 7 – 8 tahun antara lain :
  1. Perkembangan kognitif anak masih berada pada masa yang cepat. Dari segi kemampuan, secara kognitif anak sudah mampu berpikir bagian per bagian. Artinya anak sudah mampu berpikir analisis dan sintesis, deduktif dan induktif.
  2. Perkembangan sosial anak mulai ingin melepaskan diri dari otoritas orangtuanya. Hal ini ditunjukkan dengan kecenderungan anak untuk selalu bermain di luar rumah bergaul dengan teman sebaya.
  3. Anak mulai menyukai permainan sosial. Bentuk permainan yang melibatkan banyak orang dengan saling berinteraksi.
  4. Perkembangan emosi anak sudah mulai berbentuk dan tampak sebagai bagian dari kepribadian anak. Walaupun pada usia ini masih pada taraf pembentukan, namun pengalaman anak sebenarnya telah menampakkan hasil.
Anak usia Taman Kanak-kanak ini sangat besar energinya sehingga pembelajaran yang sangat tepat sehingga berkembang kemampuan motorik kasar maupun halus. Kegiatan fisik adalah merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, seperti belari, melompat,bergantungan, melempar bola atau menendangnya. Maupun serta menjaga keseimbangan motorik halus seperti menggunakan jari-jari untuk menyusun puzzle, memilih balok, dan menyusunnya menjadi bangunan tertentu. Kegiatan fisik dan pelepasan energi dalam jumlah besar merupakan karakteristik aktivitas anak pada masa ini. Anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupannya. Oleh karena itu, pada masa ini seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal.
Pentingnya Memahami Anak Usia Dini
Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik, psikis, sosial, moral, dan sebagainya. Masa kanak-kanak juga masa yang paling penting untuk sepanjang usia hidupnya. Sebab masa kanak-kanak adalah masa pembentukan fondasi dan dasar kepribadian,  yang akan menentukan pengalaman anak usia dini selanjutnya di masa depannya kelak. .

Pengalaman yang dialami anak pada usia dini akan berpengaruh kuat terhadap kehidupan selanjutnya. Pengalaman tersebut akan bertahan lama,bahkan tidak dapat terhapuskan.kalaupun bisa, hanya tertutupi. Beberapa hal menjadi alasan pentingnya memahami karakteristik anak usia dini.
Sebagaian dari alasan tersebut dapat diuraikan sebagaimana berikut:
1) Usia dini merupakan usia yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia, sebab usia tersebut merupakan periode diletakannya dasar struktur kepribadian yang dibangun untuk
sepanjang hidupnya. Oleh karena itu pendidikan dan pelayanan yang tepat.
2)Pengalaman awal sangat penting, sebab dasar awal cenderung bertahan dan akan
mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang hidupnya, disamping itu dasar awal akan
cepat berkembang menjadi kebiasaan. Oleh karena itu perlu pemberian pengalaman awal yang positif.
3) Perkembangan fisik dan mental mengalami kecepatan yang luar biasa, dibanding dengan sepanjang usianya, bahkan usia 0-8 tahun mengalami 80% perkembangan otak dibanding
sesudahnya, oleh karena itu perlu stimulasi fisik dan mental, agar anak bisa tumbuh dan berkembang.











SUMBER MATERI
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.






















PEMBELAJARAN DI TK


1.Prinsip Belajar

a.Pengertian Belajar
Belajar adalah perubahan serta peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seseorang diberbagai bidang yang terjadi akibat melakukan interaksi terus menerus dengan lingkungannya. Jika di dalam proses belajar tidak mendapatkan peningkatan kualitas dan kuantitas kemampuan, dapat dikatakan bahwa orang tersebut mengalami kegagalan di dalam proses belajar.

2. Prinsip - Prinsip Belajar Secara Umum

Ada delapan prisip belajar secara umum diantaranya yaitu :
1.      Belajar adalah suatu pengalaman yang terjadi di dalam diri si pelajar yang diaktifkan oleh individu itu sendiri. Proses belajar dikontrol oleh si pelajar sendiri dan bukan oleh si pengajar. Perubahan persepsi pengetahuan, sikap, dan perilaku adalah suatu produk manusia itu sendiri, bukan kekuatan yang dipaksakan kepada individu. Belajar bukan berarti melakukan apa yang dikatakan atau yang diperbuat oleh pengajar saja tetapi suatu proses perubahan yang unik di dalam diri si pelajar sendiri. Oleh karena itu mengajar bukan berarti memaksakan sesuatu terhadap si pelajar tetapi menciptakan iklim atau suasana sehingga si pelajar mau melakukan dengan kemauan sendiri apa yang dikehendaki oleh si pengajar.

2.      Belajar adalah penemuan diri sendiri. Hal ini berarti bahwa belajar adalah proses penggalian ide-ide yang berhubungan dengan diri sendiri dan masyarakat sehingga pelajar dapat menentukan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai. Untuk itu segala sesuatu yang relevan bagi pelajar harus ditemukan oleh pelajar itu sendiri.

3.      Belajar adalah konsekuensi dari pengalaman. Seseorang menjadi bertanggung jawab ketika ia diserahi tanggung jawab. Ia menjadi atau dapat berdiri sendiri bila ia mempunyai pengalaman dan pernah berdiri sendiri. Manusia tidak akan mengubah perilakunya hanya karena seseorang mengatakan kepadanya untuk mengubahnya. Untuk belajar yang efektif tidak cukup jika hanya dengan memberikan informasi saja, tetapi kepada pelajar tersebut perlu diberikan pengalaman.

4.      Belajar adalah proses kerja sama dan kolaborasi. Kerja sama akan memperkuat proses belajar. Manusia pada hakikatnya senang saling bergantung dan saling membantu. Dengan kerja sama, saling berinteraksi dan berdiskusi, di samping memperoleh pengalaman dari orang lain juga dapat mengembangkan pemikiran-pemikiran dan daya kreasi individu.

5.      Belajar adalah proses evolusi, bukan revolusi karena perubahan perilaku memerlukan waktu dan kesabaran. Perubahan perilaku adalah suatu proses yang lama karena memerlukan pemikiran-pemikiran dan pertimbangan orang lain, contoh, dan mungkin pengalaman sebelum menerima atau berprilaku baru. Bagaimanapun menguntungkannya bagi dirinya, belajar akan selalu dirasakan sebagai sesuatu yang tidak mengenakkan dan sangat mengganggu. Untuk itu dalam mengajar hasilnya tidak dapat diperoleh dengan segera dan tidak boleh tergesa-gesa tetapi memerlukan kesabaran dan ketekunan.

6.       Belajar kadang-kadang merupakan suatu proses yang menyakitkan karena menghendaki perubahan kebiasaan yang sangat menyenangkan dan sangat berharga bagi dirinya, bahkan mungkin harus melepaskan sesuatu yang menjadi jalan hidup atau pegangan hidupnya. Untuk itu dalam memperkenalkan hal-hal baru yang menghendaki seseorang berprilaku baru sebaiknya dilakukan tidak secara drastis dan radikal. Harus berhati-hati dan sedikit demi sedikit sehingga individu mau meninggalkan perilaku lama dengan senang hati, tidak menyakitkan hati, dan tidak menimbulkan frustasi
.
7.      Belajar adalah proses emosional dan intelektual. Belajar dipengaruhi oleh keadaan individu atau si pelajar secara keseluruhan. Belajar bukan hanya proses intelektual tetapi emosi juga turut menentukan. Oleh karena itu hasil belajar sangat ditentukan situasi psikologis individu pada saat belajar. Bila seseorang sedang dalam keadaan kalut, murung, frustasi, konflik, dan tidak puas, maka jangan dibawa ke dalam suatu proses belajar.

8.       Belajar bersifat individual dan unik. Setiap orang mempunyai gaya belajar dan keunikan sendiri dalam belajar. Untuk itu pengajar harus menyediakan media belajar yang bermacam-macam sehingga tiap individu dapat memperoleh pengalaman belajar sesuai dengan keunikan dan gaya masing-masing.

Dari prinsip di atas sudah  mencakup situasi proses belajar yang menguntungkan, yang mana mempunyai ciri-ciri komunikasi yang bebas dan terbuka, konfrontasi penerimaan, respek, diakuinya hak untuksalah, kerja sama kolaborasi, saling mengevaluasi, keterlibatan tiap individu, aktif, kepercayaan, dan lainnya.

        I.            Prinsip-Prinsip Pembelajaran di TK
Dalam melaksanakan pembelajaran di TK perlu memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.      Bermain Sambil Belajar dan Belajar Seraya Bermain
Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Bermain merupakan cara yang paling baik untuk mengembangkan kemampuan sesuai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.
2.      Pembelajaran Berorientasi pada Perkembangan Anak
Anak TK memiliki karakteristik perkembangan fisik dan psikologis yang khas, yang mencakup aspek Moral & Nilai-nilai Agama, Kognitif, Sosial, Emosional & Kemandirian, Fisik/motorik, Berbahasa dan Seni.
3.      PembelajaranBerorientasi pada KebutuhanAnak.
Anak membutuhkan stimulasi untuk membantu pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis secara optimal. Oleh sebab itu, pembelajaran di TK dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut
4.      Pembelajaran Berpusat Pada Anak
Pembelajaran di TK hendaknya menempatkan anak sebagai subjek pendidikan. Oleh karena itu, semua kegiatan pembelajaran diarahkan atau berpusat pada anak. Dalam pembelajaran yang berpusat pada anak, anak diberi kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, dan aktif melakukan atau mengalami sendiri. Guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator.
5.      Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Tematik
Pembelajaran di TK menggunakan pendekatan tematik. Tema sebagai sarana atau wadah untuk mengenalkan berbagai konsep pada anak, menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh, memperkaya perbendaharaan kata anak, dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Tema dipilih berdasarkan prinsip kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan, dan keinsidentalan.
6.      Kegiatan Pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
Guru hendaknya mampu menciptakan kegiatan-kegiatan yang menarik, yang membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis, kreatif, dalam suasana yang menyenangkan.
7.      Pembelajaran Mengembangkan Kecakapan Hidup
Pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup. Pengembangan kecakapan hidup dilakukan secara terpadu, baik melalui pembiasaan maupun pengembangan kemampuan dasar.
8.      Pembelajaran Didukung oleh Lingkungan Yang Kondusif
Lingkungan pembelajaran harus menarik dan menyenangkan anak, dengan memperkirakan keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain.
Penataan ruang kelas disesuaikan dengan ruang gerak anak dalam bermain agar anak dapat berinteraksi secara optimal dengan guru dan anak lain.
Pembelajaran hendaknya memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial budaya.s
9.      Pembelajaran yang Demokratis
Pembelajaran yang demokratis memungkinkan terjadinya interaksi yang optimal antara guru dengan anak didik dan antara anak dengan anak untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru dan anak-anak sama-sama berkepentingan untuk menciptakan suasana belajar. Oleh sebab itu, guru hendaknya selalu memberi kesempatan kepada anak kepada anak untuk aktif memberikan reaksi dan memberi tanggapan tanpa merasa takut.
10.  Pembelajaran yang Bermakna
Merupakan suatu proses pembelajaran yang efektif dan membawa pengaruh perubahan terhadap tingkah laku anak didik dalam mencapai kompetensi atau tujuan yang telah dirumuskan. Sehubungan dengan itu maka guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran hendaknya mampu mengembangkan pola interaksi antara berbagai pihak yang terlibat didalamnya
Adapun prinsip tambahan yaitu :
1.      Kedekatan
2.      Kemenarikan

Perlunya menumbuhkan minat dan antusiasme siswa dengan mengemukakan sesuatu yang baru, aneh, kontradiktif atau kompleks. Diharapkan siswa memiliki kepekaan indra untuk merespon (jika siswa merespon dengan baik maka guru telah berhasil menarik daya pikir imajinasi anak ). Contoh : suasana kelas diubah menjadi hutan belantara yang gelap, lampu dimatikan beberapa dekorasi kelas disulap menjadi pohon-pohon. Siswa diharuskan membawa senter, tas ransel dan makanan. Alangkah bagusnya lagi jika diiringi dengan suara2 seperti air yang mengalir, suara harimau, suara monyet dll

3.      Kesederhanaan
Sarana prasarana yang digunakan untuk proses pembelajaran tidak perlu memakan biaya yang sangat banyak, contoh : Untuk membuat latar hutan di kelas, guru bisa membuat beberapa pohon dari karton, beberapa lembar kain yang dijuntaikan (sebagai akar), atau bahkan langsung memindahkan pot-pot tanaman kedalam kelas sebagai deskripsi dari hutan. Untuk suasana gelap guru bisa mematikan lampu kelas dan menutup jendela. Selain itu dramatisasi suara binatang dan air bisa di dapat dari kaset.

4.      Keinsidentilan
 Pengajar mampu mengambil hikmah atas setiap kejadian yang tiba-tiba terjadi dalam proses pembelajaran sehingga bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi siswa. Contoh : Ketika kamping di hutan ada anak yang menangis karena gelap, kejadian insidentil ini harus cepat tanggap di respons oleh guru dengan memberikan pengertian tentang gelap, memasukkan nilai2 agama, moral sehingga kepercayaan diri sang anak tumbuh dan dia berheni menangis.
5.      Kemandirian
Siswa diminta untuk menunjukkan penguasaan materi terhadap pengalaman yang telah dialaminya, contoh : Setelah acara kamping di kelas selesai diadakan, siswa diminta untuk menggambar hutan berdasarkan imaginasi dan informasi yang didapatinya ketika berpetualang bersama guru dan teman-temannya tadi.


      II.            Asas-Asas Pembelajaran di TK

1.      Asas Apersepsi
Kegiatan mental anak dalam mengolah hasil belajar dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya. Oleh sebab itu, pembelajaran yang dilakukan guru hendaknya memperhatikan pengetahuan dan pengalaman awal agar anak bisa mencapai hasil belajar secara optimal.
2.      Asas Kekongkritan
Melalui interaksi dengan obyek-obyek nyata dan pengalaman kongkrit, pembelajaran perlu menggunakan berbagai media dan sumber belajar agar apa yang dipelajari anak menjadi lebih bermakna, misalnya menggunakan gambar binatang untuk mempelajari binatang, membawa binatang (hidup) kedalam kelas, menggunakan audio visual tentang banjir untuk mempelajari tentang air, dan lain-lain
3.      Asas Motivasi
Belajar akan optimal jika anak memiliki dorongan untuk belajar. Oleh sebab itu pembelajaran hendaknya dirancang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemauan anak. Misalnya. Memberi penghargaan kepada anak yang berprestasi dengan pujian atau hadiah; memajang setiap karya anak di kelas; lomba antar kelompok; melibatkan setiap anak pada berbagai kegiatan lomba dan kegiatan TK; melakukan pekan unjuk kemampuan anak
4.      Asas Kemandirian & Asas Kerjasama
Kemandirian dan kerjasama merupakan upaya yang dimaksudkan untuk melatih anak dalam memecahkan masalahnya serta mengembangkan keterampilan sosial . Oleh sebab itu, pembelajaran hendaknya dirancang untuk mengembangkan kemandirian dan ketrampilan sosial anak, misalnya tata cara makan, menggosok gigi, memakai baju, melepas dan memakai sepatu, buang air kecil dan buang air besar, merapikan mainan setelah dipakai, dan lain-lain
5.      Asas Individualisasi
Karena setiap anak itu bersifat unik, berbeda dengan anak yang lain, maka pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan individu, misalnya perbedaan latar belakang keluarga, perbedaan kemampuan, perbedaan minat, perbedaan gaya belajar, dan lain-lain agar anak mencapai hasil belajar secara optimal.
6.      Asas Korelasi & Asas Belajar Sepanjang Hayat
Korelasi merupakan pengembangan aspek yang satu dengan aspek yang lain saling berkaitan, dan berlangsung sepanjang hayat, dan anak belajar tidak hanya berlangsung di TK tetapi sepanjang hayat anak. Sehingga diupayakan untuk membekali anak agar bisa belajar sepanjang hayat dan mendorong anak selalu ingin dan berusaha kapanpun dan dimanapun.

















Sumber atau Rujukan




















KOMPONEN-KOMPONEN PERENCANAAN
PEMBELAJARAN

1.      Tujuan pembelajaran
Tujuan merupakan satu di antara hal pokok yang baru diketahui dan disadari oleh seorang guru sebelum mulai mengajar.guru harus dapat memberikan penafsiran yang tepat mengenai jenis dan fungsi tujuan yang akan di capai secara kongrit.
Untuk taman kanak-kanak ,tujuan pembelajaran khusus ini disebutnya kemampuan
a.      Pengertian dan penggolongan tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaraan merupakan titik awal yang sangat penting dalam proses perencanaan pembelajaran ,sehingga  baik arti maupun jenis –jenisnya perlu di pahami oleh seorang guru.
b.      Jenjang dan lingkup tujuan
1)      Jenjang tujuan
Tujuan institutional adalah tujuan –tujuan yang ingin di capai oleh lembaga atau jenis sekolah.
Tujuan umum kurikuler adalah tujuan –tujuan yang pencapaiannya di bebankan pada masing masing mata pelajaran.
2)      Lingkup tujuan
Dilihat dari kawasan (domain)atau bidang yang di cakup tujuan –tujuan pendidikan dapat dibagi atas:tujuan kognitif,tujuan afektif dan tujuan psikomotor.
a)      Tujuan kognitif
Tujuan kognitif adalah tujuan-tujuan yang lebih banyak berkenaan dengan perilaku dan aspek berfikir/intelektual.contoh anak dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk,warna dan jenisnya.
Menurut beyamin .s.bloom,ada 6 tingkatan dalam domain kognitif diantaranya adalah:
                                                                                I.            Tingkatan pengetahuan (knowledge)
Pengetahuan di artikan sebagai kemampuan seseorang dalam menghafal atau mengingat kembali pengetahuan yang pernah diterima.
                                                                              II.            Tingkat pemahaman(comprehension)
Pemahaman  diartikan sebagai kemampuan seorang dalam mengartikan ,menafsirkan,menerjemahkan atau menyatakan sesuatu  dengan caranya sendiri tentang pengetahuan yang pernah diterimanya.

                                                                            III.            Tingkatan penerapan(application)
Penerapan diartikan sebagai kemampuan seseorang dalammenggunakan pengetahuan dalam memecahkan masalah yang timbul dalam kehidupan.
                                                                            IV.            Tingkatan analisis(analysis)
Mengacu pada kemampuan mengkaji atau menguraikan sesuatu ke dalam komponen-komponen yang lebih spesifikserta mampu memahami hubungan antar komponen yang satu dengan yang lain.
                                                                              V.            Tingkatan sintesis(synthesis)
Sintesis di artikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengaitkan dan menyatukan berbagai elemen dan unsure pengetahuan yang adasehingga berbentuk pola baru yang lebih menyeluruh.
                                                                            VI.            Tingkatan evaluasi(evaluation)
Mengacu pada kemampuan seseorang dalam membuat perkiraan atau keputusan yang tepat berdasarkan criteria atau pengetahuan yang dimilikiny.
b)      Tujuan afektif(sikap dan perilaku)
Kawasan afektif adalah satu domain yang berkaitan dengan sikap,nilai-nilai interes,apresiasi,dan penyesuaian perasaan social.
Ada 5 tingkatan afektif dari yang rendah sampai yang kompleks,diantaranya sebagai berikut:
Ø  Kemauan menerima
Merupakan keinginan untuk memperhatikan suatu gejala atau rangsangan tertentu ,seperti keinginan untuk mendengarkan music dan membaca buku.
Ø  Kemauan menanggapi
Merupakan kegiatan yang menunjuk pada partisipasi aktif dalam kegiatan tertentu.
Ø  Berkeyakinan
Berkenaan dengan kemauan menerima system nilai tertentu pada diri individu.seperti menunjukkan kepercayan pda sesuatu.
Ø  Penerapan karya
Berkenaan dengan system nilai yang berbeda-beda berdasarkan pada suatu system nilai yang lebih tinggi.
Ø  Ketekunan dan ketelitian
adalah tingkat afektif yang tertinggi.pada taraf ini individu yang sudah memiliki taraf nilai selalu menyelaraskan perilakunya sesuai dengan system nilai yang di pegangnya.
c)      Tujuan psikomotorik
Tujuan ini mencakup hal-hal yang berkenaan dengan aspek keterampilan motorik atau gerak yang bersifat manual dari peserta didik.
                                  

Urutan yang paling sederhana sampai yang paling kompleks adalah:
v  Persepsi
Berkenaan dengan penggunaan indra dalam melakukan kegiatan
v  Kesiapan dalam melakukan suatu kegiatan
Kesiapan Berkenaan dengan kegiatan melakukan sesuatu kegiatan.contoh:kesiapan mental,fisik,dan emosi.
v  Mekanisme
Berkenaan dengan penampilan respon yang sudah di pelajari dan menjadi kebiasaan,sehingga gerakan yang ditampilkan sudah menunjuk pada kemahiran.
v  Respon terbimbing
Respon terbimbing seperti meniru dan mengikuti.mengulangi perbuatan yang diperintahkan atau di tunjukkan oleh orang lain.
v  Kemahiran
Adalh penampilan gerakan motorik dengan keterampilan penuh.kemahiran yang di tunjukkan biasanya cepat,dengan hasil yang baik dan menggunakan sedikit temaga.
v  Adaptasi
Berkenaan dengan keterampilan yang sudh berkembang pada diri individusehingga yang bersangkutan mampu memodifikasi pada pola gerakan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu.
v  Originasi
Originasi menunjukkan kepada pencipta pola gerakan baru untuk di sesuaikan dengan situasi atau masalah tertentu.

2.      ISI(Materi Pembelajaran)
   Pembelajar di TK tidak menyajikan bidang studi akan tetapi materi di sajikan kedalam tema-tema belajar.melalui tema anak akan mudah membangun konsep tentang benda atau peristiwa yang ada di lingkungannya.
   tema yang disajikan dimulai dari hal-hal yang ada di lingkungan anak dan telah di kenal anak.contoh: temaaku,keluargaku,pakaian dan sebagainya.
























DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas,2005.kurikulum  2004 standar kompetensi TK dan RA.dirjen manajemen
                   dikdasmen :jakatra



























MATERI ATAU ISI

A.      Pengertian Materi pembelajaran
Materi pembelajaran atau materi ajar (Intructional materials) adalah pengetahuan sikap dan keterampilan yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.Materi pelajaran juga merupakan medium untuk mencapai tujuan pembelajaran yang “dikonsumsi” oleh siswa. Karena itu, penentuan materi pelajaran mesti berdasarkan tujuan yang hendak di capai.
B.      Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih materi
Nana Sujana (2000) menjelaskan ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menetapkan materi pelajaran diantaranya :
1.  Materi pelajaran harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan
2.  Materi pelajaran yang di tulis dalam perencanaan pembelajaran terbatas pada konsep saja atau berbantuk garis besar bahan tidak pula diuraikan terinci
3.  Menetapkan materi pembelajaran harus serasi dengan urutan tujuan
 4. Urutan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kesinambungan (kontinuitas)
 5. Materi pelajaran di susun dari hal yang sederhana menuju yang komplek, dari yang mudak menuju yang sulit, dari yang konkret menuju yang abstark. Dengan cara ini siswa akan mudah memahaminya; dan
 6. Sifat materi pelajaran, ada yang factual dan ada yang konseptual.
Dalam prakteknya untuk menentukan materi pembelajaran perlu memperhatikan hal-hal berikut :.
1.Sahih (valid);
2.Tingkat kepentingan;
3.Kebermaknaan;
4.Layak dipelajari;
5.menarik minaT

C.     Jenis-jenis materi pembelajaran
1. Pengetahuan, meliputi:
a)       Fakta adalah kebenaran yang dapat diterima oleh nalar dan sesuai dengan kenyataan yang dapat dikenali dengan panca indera. Fakta diperoleh dengan cara:
- Memperoleh sendiri dari sumber aslinya. Fakta didefinisikan dengan cara menggambarkan atau menafsirkan dari sumber yang asli
- Fakta yang diperoleh dari orang yang mengidentifikasi dengan jalan menyusunnya dalam bentuk interaksi reasoning (Penalaran Abstrak)
b)        Konsep adalah hasil penyimpulan tentang suatu hal berdasarkan atas adanya ciri-ciri yang sama pada hal tertentu. Konsep ada kalanya berkaitan dengan sesuatu obyek, sesuatu peristiwa atau berkaitan dengan manusia. Strategi pencapaian konsep: - Strategi pemilihan - Strategi penerimaan
c. Prinsip adalah suatu pernyataan yang menjelaskan tentang hubungan antara dua konsep atau lebih istilah prinsip kadang-kadang disebut juga dengan aturan atau generalisasi.
 2. Prosedur, yaitu materi pembelajaran yang berupa langkah-langkah melakukan suatu kegiatan secara berurut aslinya
 3. Keterampilan adalah melakuakan suatu jenis kegiatan tertentu. Keterampilan ada 3 macam:
·         Rangkaian respon atau reaksi, yaitu merupakan rangkaian gerakan-gerakan yang meliputi urutan tertentu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu
·          Koordinasi gerakan, yaitu seseorang dituntut untuk memadukan sejumlah anggota badan untuk melakaukan suatu pekerjaan
·          Pola-pola respon atau reaksi, yaitu berkaitan dengan keterampilan mengorganisasi seluruh keterampilan yang dimiliki dalam mereaksi rangsangan, sehingga dapat dipertunjukan suatu respon baru dalam mereaksi rangsangan
4. Sikap atau nilai yaitu berkaitan dengan sikap atau interes (minat) siswa mengikuti materi pembelajran yang disajikan guru, nilai-nilai berupa apresiasi (penghargaan ) terhadap sesuatu dan penyesuaian perasaaan sosial
D.     Pengelompokan materi pembelajaran
Materi pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu:
a.       Materi pembelajaran utama, yaitu materi pembelajaran pokok yang menjadi rujukan wajib (compulsory learning resources) dalam suatu rangkaian kegiatan pembelajaran.
b.        Materi pembelajran penunjang (suplementary reading materials) yaitu materi sekunder atau tersier yang keberadaannya sebagai pelengkap dan pengayaan.

E.      Sifat materi pembelajaran
1)       Materi pembelajaran bersifat umum yang berisi hal-hal yang harus dimiliki oleh seluruh siswa
2)        Materi pembelajaran bersifat khusus yaitu yang diperlukan untuk kepentingan tertentu c) Materi pembelajaran bersifat deskriptif yang berisi fakta-fakta dan prinsip-prinsip d) Materi pembelajaran yang bersifat normatif yang berkaitan dengan norma-norma, peraturan, moral dan estetika.
Dalam pendidikan anak usia dini (TK) materi pembelajaran disajikan kedalam tema-tema  belajar.Melalui tema akan memudahkan anak membangun konsep tentang benda atau peristiwa yang ada ddilingkungan sekitar anak.
Ø  Tema adalah kerangka bahasan untuk mengenalkan berbagai konsep, sehingga anak mampu mengenal dan membangun konsep secara utuh, mudah dan jelas.
Ø  Pemilihan tema dapat berdasarkan pada;
a)      kehidupan terdekat anak,
b)      minat anak atau kecenderungan anak,
c)       permasalahan yang dihadapi,
d)     pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki anak,
e)      ketersediaan sumber yang dapat dipelajari dan diamati anak (orang, tempat yang dapat dikunjungi, buku-buku tentang tema),
f)        ketersediaan berbagai media atau alat yang dapat dimainkan anak secara mandiri atau dengan sedikit bantuan kader/pendidik,
g)      mendukung perkembangan kemampuan moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisik/motorik dan seni
h)      mengembangkan, mengembangkan kosa kata anak, dan nilai, kepercayaan, budaya yang berlaku di masyarakat.
v  Tema-tema yang ada dalam TK, menurut kurikulumTK tahun 2004
a)       Diri sendiri
b)       Lingkungan
c)       Kebutuhan
d)       Binatang
e)       Tanaman
f)         Rekreasi
g)       Pekerjaan
h)       Air, udara dan api
i)         Alat komunikasi
j)         Tanah airkAlam semesta
DAFTAR PUSTAKA
Masitoh,dkk.2008.Strategi Pembelajaran TK.Jakarta.Universitas Terbuka

Hartati,Sri.2010.Perencanaan Pembelajaran TK.Padang.UNP


























MEDIA DAN SUMBER BELAJAR ANAK USIA DINI
MEDIA DALAM PEMBELAJARAN


Pembelajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral, maupun sosial anak agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan mahluk sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang diatur oleh guru mencakup tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metodologi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Secara khusus terkait metodologi pembelajaran, aspek ini terkait dengan dua hal yang saling menonjol yaitu metode dan media pembelajaran. Media memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.
Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pembelajaran. Jika ditinjau dari perpektif komunikasi, pembelajaran pada hakikatnya adalah proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran ataupun didikan yang ada dalam kurikulum, sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku dan produser media; salurannya adalah media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru.

A. Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata
"medium" yang secara harfiah berarti "perantara" yaitu perantara sumber pesan (asource) dengan penerima pesan (a receiver. Banyak batasan yang diberikan orang tentang media.Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk mempermudah penyampaian materi.Pada anak usia dini media pembelajaran sangat penting karena dalam penyampaian materi pada anak usia dini akan lebih cepat di tangkap dengan adanya media pembelajaran tersebut. Materi yang perlu di masukan dalam media pembelajaran anak usia dini adalah memberikan praktek pembuatan permainan edukatif anak usia dini,karena anak usia dini erat hubungannya dengan bermain maka media yang paling tepat untuk anak adalah melalui permainan. Sampai sekarang sudah sering di berikan pembelajaran mengenai permainan edukatif tapi hanya sebatas teori dan belum dapat di kembangkan sehingga kita memerlukan materi - materi praktek dan lebih lanjut mengenai permainan - permainan edukatif yang menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif bagi anak usia dini

B. Manfaat Media Pembelajaran
Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan media dalam
1.      pembelajaran yaitu:Pesan/informasi pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih jelas, menarik,kongkrit dan tidak hanya dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka (verbalistis).
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera. Misalnya objek yang terlalu besar dapat digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film atau model. Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, dan lain-lain. Objek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model, diagram dan lain-lain.
3.       Meningkatkan sikap aktif siswa dalam belajar.
4.      Menimbulkan kegairahan dan motivasi dalam belajar.
5.       Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan.
6.      Memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
7.      Memberikan perangsang, pengalaman dan persepsi yang sama bagi siswa.

Sementara itu Kemp dan Dayton (1985) mengemukakan beberapa manfaat media yaitu:
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2. Pembelajaran dapat lebih menarik
3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4. Waktu pelakasanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapan pun dan dimana pundiperlukan
7. Sikap positif siswa terhadap materi pelajaran serta proses pembelajaran   dapatditingkatkan
8. Peranan guru ke arah yang positif               

C. Jenis Media Pendidikan
Keragaman dan jenis media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sangat banyak dan variatif oleh karena itu dalam perkembangannya timbul usaha-usaha untuk mengelompokkan dan mengklasifikasi media-media tersebut menurut kesamaan ciri atau karakteristiknya. Para ahli yang tercatat dalam proses pengkalifikasian tersebut antara lain:
Rudy Bretz, Duncan, Briggs, Gagne, Edling, Schramm, Allen, dan lain-lain. Namun demikian dari beberapa pengelompokkan media yang mereka lakukan belum terdapat suatu kesepakatan tentang klasifikasi atau taksonomi media yang berlaku umum dan mencakup segala aspeknya, khususnya untuk suatu sistem pembelajaran. Bahkan tampaknya memang tidak pernah akan ada sistem pengelompokkan yang sahih dan berlaku umum. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam bahan ajar ini jenis media tersebut akan dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu media visual, media audio, dan media audio-visual. Di bawah ini secara singkat diuraikan keterangan dari masing-masing jenis dan karakteristik media pendidikan tersebut.
1. Media Visual
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat. Jenis media visual ini nampaknya yang paling sering digunakan oleh guru pada lembaga pendidikan anak usia dini untuk membantu menyampaikan isi dari tema pendidikan yang sedang dipelajari. Media visual terdiri atas media yang dapat diproyeksikan (projected visual) dan media yang tidak dapat diproyeksikan (non-projected visual). Media visual yang diproyeksikan pada dasarnya merupakan media yang menggunakan alat proyeksi (disebut proyektor) di mana gambar atau tulisan akan nampak pada layar (screen). Media proyeksi ini bisa berbentuk media proyeksi diam misalnya gambar diam (still pictures) dan proyeksi gerak misalnya gambar bergerak (motionpictures). Alat proyeksi tersebut membutuhkan aliran listrik dan membutuhkan ruangan tertentu yang cukup memadai. Jenis-jenis alat proyeksi yang biasa digunakan untuk menyampaikan pesan pendidikan untuk anak usia dini antaranya: OHP (overhead projection) dan slaid suara(soundslide).
 Pada lembaga PAUD yang ada di daerah perkotaan yang memiliki kemampuan untuk mengadakan alat proyeksi ini tentu sangat menguntungkan sebab pembelajaran bisa ditata lebih menarik perhatian dibandingkan dengan media yang tidak diproyeksikan. Namun pada umumnya lembaga PAUD di daerah-daerah tertentu, terutama di pedesaan, belum memungkinkan untuk mengadakan media proyeksi ini masih dianggap sangat mahal harganya. Di samping itudiperlukan juga kemampuankemampuan khusus yang memadai dari para guru untuk menggunakan dan memelihara alat proyeksi tersebut.
Media visual yang tidak diproyeksikan terdiri atas media gambar diam/mati, media
grafis, media model, dan media realia
a. Gambar diam atau gambar mati adalah gambar-gambar yang disajikan secara fotografik atau seperti fotografik, misalnya gambar tentang manusia, binatang, tempat, atau objek lainnya yang ada kaitannya dengan bahan/isi tema yang diajarkan. Gambar diam ini ada yang sifatnya tunggal ada juga yang berseri yaitu berupa sekumpulan
b. Media grafis adalah media pandang dua dimensi (bukan fotografik) yang dirancang secara khusus untuk mengkomunikasikan pesan-pesan pendidikan. Unsur-unsur yang terdapat dalam media grafis ini adalah gambar dan tulisan. Media ini dapat digunakan untuk mengungkapkan fakta atau gagasan melalui penggunaan kata-kata, angka serta bentuk simbol (lambang). Bila Anda akan menggunakan media grafis ini Anda harus memahami dan mengerti arti simbol simbolnya, sehingga media ini akan lebih efektif untuk menyajikan isi tema kepada anak. Karakteristik media ini yaitu sederhana, dapat menarik perhatian, murah dan mudah disimpan dan dibawa. Jenis-jenis media grafis ini diantaranya: grafik, bagan, diagram, poster, kartun, dan komik.
c. Media model adalah media tiga dimensi yang sering digunakan dalam kegiatan pendidikan untuk anak usia dini, media ini merupakan tiruan dari beberapa objek nyata, seperti objek yang terlalu besar, objek yang terlalu jauh, objek yang terlalu kecil, objek yang terlalu mahal, objek yang jarang ditemukan, atau objek yang terlalu rumit untuk dibawa ke dalam kelas dan sulit dipelajari wujud aslinya. Jenis-jenismedia model diantaranya: model padat (solid model), model penampang (cutaway model), model susun (build-up model), model kerja (working model), mock-up dan diorama. Masing-masing jenis model tersebut ukurannya mungkin persis sama, mungkin juga lebih kecil atau lebih besar dengan objek sesungguhnya.
d. Media realia merupakan alat bantu visual dalam pendidikan yang berfungsi memberikan pengalaman langsung (direct experience) kepada anak. Realia ini merupakan model dan objek nyata dari suatu benda, seperti mata uang, tumbuhan, binatang, dsb.

2. Media Audio
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak untuk mempelajari isi tema. Contoh media audio yaitu program kaset suara dan program radio. Penggunaan media audio dalam kegiatan pendidikan untuk anak usia dini pada umumnya untuk melatih keterampilan yang berhubungan dengan aspek-aspek keterampilan mendengarkan. Dari sifatnya yang auditif, media ini mengandung kelemahan yang harus diatasi dengan cara memanfaatkan media lainnya.
Terdapat beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan apabila Anda akan
menggunakan media audio untuk anak usia dini yaitu:
a. Media ini hanya akan mampu melayani secara baik mereka yang sudah memiliki kemampuan dalam berpikir abstrak. Sedangkan kita mengetahui bahwa anak usia dini masih berpikir konkrit, oleh karena itu penggunaan media audio bagi anak usia dini perlu dilakukan berbagai modifikasi disesuaikan dengan kemampuan anak.
b. Media ini memerlukan pemusatan perhatian yang lebih tinggi dibanding media lainnya, oleh karena itu jika akan menggunakan media audio untuk anak usia dini dibutuhkan teknik-teknik tertentu yang sesuai dengan kemampuan anak.
c. Karena sifatnya yang auditif, jika Anda ingin memperoleh hasil belajar yang yang dicapai anak lebih optimal, diperlukan juga pengalaman-pengalaman secara visual. Kontrol belajar bisa dilakukan melalui penguasaan perbendaharaan kata-kata, bahasa, dan susunan kalimat.

3. Media Audio-Visual
Sesuai dengan namanya, media ini merupakan kombinasi dari media audio dan media visual atau biasa disebut media pandang-dengar. Dengan menggunakan media audio-visual ini maka penyajian isi tema kepada anak akan semakin lengkap dan optimal. Selain itu media inidalam batas-batas tertentu dapat juga menggantikan peran dan tugas guru. Dalam hal ini guru tidak selalu berperan sebagai penyampai materi, karena penyajian materi bisa diganti oleh media. Peran guru bisa beralih menjadi fasilitator belajar yaitu memberikan kemudahan bagi anak untuk belajar. Contoh dari media audio visual ini di antaranya program televisi/video pendidikan/instruksional, program slide suara, dsb.

D. Pengadaan Media Pembelajaran
Pengadaan sumber belajar merupakan kelanjutan dari langkah perencanaan. Langkah ini merupakan langkah guru atau pihak sekolah mewujudkan perencanaan media pembelajaran yang telah dibuat. Sebaik apa pun perencanaan media pembelajaran yang dibuat jika guru tidak diwujudkan dan realisasikan dalam bentuk kegiatan selanjutnya yaitu pengadaan, maka perencanaan tersebut hanya merupakan daftar keinginan atau dokumen tertulis saja. Oleh sebab itu proses pengadaan menjadi sangat penting dilakukan sebagai proses selanjutnya sehingga kegiatan pembelajaran akan ditunjang dengan ketersediaan berbagai media pebelajaran.
1. Pembelian
Pembelian merupakan suatu kegiatan pengadaan media pembelajaran melalui transaksi pembelian. Pengadaan media pembelajaran melalui cara ini tentu berimplikasi pada dana atau biaya yang dibutuhkan. Biasanya pihak sekolah atau lembaga penyelenggara PAUD telah memiliki rencana anggaran untuk pembelian beberapa jenis media misalnya alat permainan untuk di dalam ruangan kelas. Untuk melakukan pembelian guru harus berkoordinasi dan menyampaikan rencana pembelian dan kebutuhannya itu kepada pimpinan lembaga pendidikan.Pada saat menyampaikan permohonan pembelian kepada pimpinan lembaga pendidikan, guru perlu menjelaskan jenis-jenis sumber belajar yang akan dibeli dan mengemukakan alasan mengapa media pembelajaran tersebut perlu dibeli tentunya saja dengan menyertakan hasil identifikasi kebutuhan media pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Oleh karena sekolah biasanya menghadapi keterbatasan dana, maka guru dituntut
mampu memilih dan menentukan media pembelajaran apa saja yang harus lebih utama dibeliuntuk kepentingan pembelajaran anak. Pemahaman guru terhadap media pembelajaran ini sangat penting mengingat guru harus memperhatikan kesesuaian media dengan kebutuhan
perkembangan anak, ketepatan ukuran, warna dan kerapihannya karena apabila tidak akurat maka tujuan yang hendak dicapai akan meleset.
2. Hadiah / Sumbangan
Penambahan koleksi sumber belajar dapat diperoleh dari hadiah, pemberian, hibahataupun sumbangan dari berbagai pihak seperti instansi pemerintah, swasta ataupun perorangan. Sumbangan atau bantuan yang diterima ada kalanya tanpa diminta terlebih dahulu, namun ada juga yang dilakukan melalui permohonan dari pihak lembaga pendidikan. Sumbangan biasanya diberikan oleh lembaga-lembaga tertentu yang memiliki kepedulian terhadap penyelenggaraan pendidikan anak anak usia dini. Lembaga-lembaga seperti itu pada saat ini sangat banyak baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Pengadaan sumber belajar melalui hadiah/sumbangan menuntut guru untuk secara aktif mencari berbagai informasi termasuk alamat lembaga atau institusi yang membuka peluang untuk memberikan bantuan. Pada umumnya, tindak lanjut dari bentuk pengadaan seperti ini adalah dalam bentuk jalinan kerjasama antara lembaga pemberi sumbangan dengan
lembaga pendidikan penerima sumbangan.
3. Bekerjasama
Bekerja sendiri jauh lebih berat daripada bekerja sama. Bekerjasama antar lembaga tertentu menumbuhkan satu hasil yang lebih baik apabila kerjasama itu dilakukan secara terbuka, profesional, dan saling menguntungkan (mutual benefits).Kerjasama ini bisa dalam bentuk pinjam meminjam media pembelajaran yang dimilikio leh lembaga yang berbeda. Jika di tingkat kecamatan memiliki media pembelajaran tertentu, maka lembaga pendidikan dapat meminjamnya. Selain itu, jika media pembelajaran di suatu lembaga PAUD lebih lengkap dapat dipinjamkan ke lembaga PAUD yang lain.Kerjasama juga dapat terjadi antar lembaga misalnya antar lembaga PAUD dengandinas-dinas terkait seperti dinas pertanian, dinas kesehatan, dan lain-lain. Kerjasama dengan orang tua siswa juga sangat penting mengingat banyak orang tua yang mempunyai potensi untuk membantu lembaga pendidikan dalam berbagai bentuk. Apakah dalam bentuk materi atau dalam bentuk keahlian-keahlian atau pengetahuan lebih yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan.
4. Membuat
Pengadaan media pembelajaran dapat juga dilakukan melalui pembuatan yang dilakukan oleh guru. Pembuatan sendiri oleh guru memiliki kelebihan dalam hal guru dapat menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Jika guru akan membuat media pembelajaran secara mandiri maka terlebih dahulu guru harus menganalisis program  pembelajaran/kurikulum yang digunakan sehingga media yang dibuat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan program. Berdasarkan hasil analisis tersebut guru mengembangkan rancangan/desain media tersebut. Selanjutnya guru membuat media pembelajaran tersebut sesuai rancangan yang telah dibuat. Jika memungkinkan sebelum digunakan secara luas di lembaga pendidikan, terlebih dahulu dilakukan ujicoba terbatas sehingga keandalan media tersebut teruji.

E. Kreteria Pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media,pertama adalah kesesuaian dengan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.oleh karena media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran, faktor – faktor lain karakteristik siswa, strategi pembelajaran dan alokasi waktujuga perlu dipertimbangkan.Kedua,media yang memerlukan fasilitas pendukungg perlu dipertimbangkan apakah tersedia atau tidak.dan bagi media yang harga atau pembuatannya mahal perlu dipertimbangkan efisiensi biaya dalam jangka waktu lama.

F. Penyimpanan dan Pemeliharaan Media Pembelajaran
Menyimpan dan memelihara media pembelajaran di lembaga PAUD baik yang ada di dalam ruangan maupun yang ada di luar merupakan hal yang penting dilakukan oleh guru. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran tersebut tentu tidak hanya untuk satu kali kegiatan belajar saja melainkan akan digunakan secara terus-menerus. Selain itu intensitas penggunaan media pembelajaran oleh anak juga akan sangat tinggi. Apalagi untuk media-media pembelajaran tertentu yang sangat disukai oleh anak. Sehubungan dengan pentingnya fungsi penyimpanan dan pemeliharaan ini, guru harus mengetahui jenis media pembelajaran yang perlu disimpan dan dipelihara dengan baik. Cara anak meletakkan media pembelajaran di kelas tidak terlepas dari pengawasan guru.Guru juga harus memantau bagaimana cara anak memainkan media tersebut dan mengembalikan media tersebut pada tempatnya, karena anak harus dibiasakan bertanggung jawab terhadap media pembelajaran yang dimainkannya. Agar pemakaian dapat bertahan, maka cara penyimpanan dan cara memeliharanya harus baik. Guru harus memperhatikan tingkat kelembaban ruang penyimpanan media atau ruangan kelas karena tempat yang lembab dapat menumbuhkan jamur dan merusak media pembelajaran. Dengan demikian perlu dipersiapkan tempat khusus, seperti rak-rak untuk meletakkan barang, lemari tertutup untuk menyimpan barang atau buku yang tidak digunakan sehari-hari.
Dalam pelaksanaan penyimpanan/pemeliharaan sumber belajar yang menunjang
proses pembelajaran di lembaga PAUD hendaknya diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Untuk media pembelajaran yang terdapat diruang kelas, guru dapat melakukan bentuk-bentukperawatan dan penyimpanan sebagai berikut :
·         Alat-alat seharusnya disimpan di tempat yang memenuhi syarat, tidak lembab, cukup ventilasi, dan diatur rapi dalam lemari alat atau rak alat.
·          Dalam penyimpanan ini harus diperhatikan juga jenis-jenis alat tersebut seperti buku dan kertas-kertas dalam lemari atau rak, alat peraga lainnya disimpan di tingkat yang sesuai dan aman.
·          Pemeliharaan bahan dari kayu dilakukan secara berkala dengan menyemprotkan obat anti serangga atau rayap, dimeni, dicat, diplitur atau dipernis.
·         Pemeliharaan bahan yang terbuat dari plastik dilakukan dengan melindunginya dari benda panas, membersihkannya dengan alat pembersih yang lembut.
·          Khusus untuk boneka/pakaian dapat dicuci atau diganti apabila sudah kusam atau lusuh.
·         Alat yang terbuat dari kain ditempatkan dalam lemari tertutup, diberi kapur barus atau kamper.
2. Adapun untuk alat yang terdapat di luar ruangan kelas dapat dilakukan hal-hal sebagai
berikut :
·         Alat-alat ditempatkan pada tempat yang bebas banjir dan apabila ada kerusakan segera diperbaiki umpamanya ada bagian besi yang patah secepatnya dilas, bila catnya terkelupas segera dimeni/dicat dan pemberian pelumas secara rutin.
·          Bak pasir hendaknya selalu bersih dari kotoran-kotoran dan ditutup, pasirnya selalu ditambah apabila diperlukan.
·         Bak air hendaknya diperhatikan kebersihannya.
·          Kereta dorong, otoped, mobil-mobilan harus ditempatkan pada tempat yang bebas banjir dan selalu diberi pelumas.
G. Penggunaan dan Evaluasi Media Pembelajaran
Alasan perlunya penggunaan media pembelajaran secara optimal dalam pembelajaran adalah dikaitkan dengan tugas yang diemban guru dalam kesehariannya yaitu menyajikan pesan, membimbing dan membina anak untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitumengembangkan semua aspek perkembangan anak dalam waktu yang telah ditetapkan dan relatif terbatas. Sementara itu banyaknya media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh guru terkadang luput dari perhatianya. Hal tersebut salah satu penyebabnya adalah karena guru tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan teknis untuk menggunakan media pembelajaran tersebut. Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menggunakan berbagai media pembelajaran. Dengan pengetahuannya itu, guru akan memanfaatkan secara optimalmedia pembelajaran yang tersedia. Ia akan menggunakannya sendiri secara kreatif sehingga kegiatan belajar anak dapat berjalan dengan efektif. Menggunakan berbagi mediapembelajaran memang membutuhkan keterampilan tertentu dan khusus. Berikut ini ada beberapa contoh penggunaan beberapa media pembelajaran dan hal-hal yang harusdiperhatikan dalam penggunaannya.

1. Media cetak
Buku mutlak digunakan oleh guru sebagai sumber belajar. Beberapa kriteria yang sebaiknya menjadi dasar pertimbangan dalam menggunakan buku adalah kriteria isi yang mencakup apakah isi buku ini relevan dengan kurikulum/program yang berlaku, urutan isi buku, isi dan topik yang disajikan pembahasannya mudah dipahami anak, kemampuan pengarang dan penerbit, kebaruannya (currentness), dan lain-lain.
2. Benda sebenarnya
Sejalan dengan pembelajaran anak usia dini, guru dapat menggunakan benda-benda sebenarnya sebagai media pembelajaran. Penggunaan benda sebenarnya seperti pada saat guru menjelaskan tanaman misalnya bunga guru harus dapat menggunakan secara tepat dan  memanfaatkan benda-benda tersebut agar sebuah indera anak terstimulasi dengan baik misalnya saja anak dapat mengamati bunga yang sebenarnya, mencium harum wangi bunga, menyentuh mahkotanya, daun dan tangkai bunga. Dengan demikian anak lebih memahami melalui pengalaman nyata dan lebih menyenangkan.
3. Barang Bekas
Kreativitas guru dalam menggunakan barang bekas menjadi media pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran. Contohnya botol bekas minuman kaleng dapat dikemas menjadi kaleng suara dengan bantuan kerikil untuk berlatih seni musik, melatih daya pendengaran, dan mengenalkan berbagai bunyi-bunyian kepada anak.
4. Model
Guru dapat menggunakan model tiruan seperti motor-motoran, mobil-mobilan, becak dan lain-lain untuk membantu memberikan gambaran alat angkutan kepada anak. Model ini cukup efektif digunakan untuk memberikan pengetahuan dan informasi pada anak mengenai objek-objek tertentu yang ditampilkan dalam bentuk model ataun tiruan dari benda sebenarnya.






























Dafrtar Pustaka
Hartati, sri.2010.Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran TK. UNP
Sanjaya,wina.2008.perencanaan dandesain sistem pembeljaran:jakarta
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tim Penyusun.2008.Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran.FIP UNP

















METODE

   Metode-motode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan anak usia antara lain:
v  Metode bermain
Menurut dearden bermain adalah merupakan kegiatan non serius dan segalanya ada dalam kegiatan itu sendiri yang dapat memberikan kepuasan bagi anak.
v  Metode pemberian tugas.
Metode ini memberikan kesempatan kepada anak melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk langsung dari guru tentang apa yang haurs kerjakan, sehingga anak dapat memahami tugasnya secara nyata dapat dilaksanakan secara tuntas, baik diberikan secara kelompok atau individual.
v  Metode demonstrasi
Cara belajar yang memperagakan atau mempertunjukan sesuatu atau proses dari kejadian atau peristiwa.Yang berfungsi memberikan ilustrasi dalam menjelaskan kepada anak dan membantu meningkatkan kemampuan mengenal, mengingat dan berfikir konvergen dan evaluatif
v  Metode tanya jawab
Metode tanya jawab adalah metode dengan tanya jawab, disini guru memberikan pertanyaan dan anak menjawab berdasarkan pengalaman anak.
v  Metode bercakap-cakap
Merupakan cara interaksi antara guru dan anak dengan komunukasi lisan antara  anak dan guru.
v  Metode percobaan
Suatu cara pembelajaran dimana anak melakukan berbagai percobaan yang sesuai tingkat usianya.Seperti membuat air teh manis, mangaduk warna, dan lain-lain.
v  Merode bercerita
Merupakan cara menyampaikan sesuatu dengan bertutur atau memberikan penerangan  secar lisan melalui cerita.Seperti cerita dongeng,dan lain-lain.
v  Metode karya wisata
Suatu cara yang dilakukan dengan kunjungan secara langsung ke tempat objek-objek disekitar anak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
                                                            
v  Metode dramatisasi
Cara yang dilakukan dengan memahami sesuatu melalui peran-peran yang dilakukan oleh tokoh-tokoh atau benda-benda disekitar anak, sehinggan anak dapat memahami sesuatu sambil berimajinasi seperti memerankan profesi dokter, guru dan karakter-karakter lain.




















Daftar pustaka
Hartati,sri.2010.Perencanaan PembelajaranTK.Padang.




























EVALUASI
1.      Pengertian evaluasi
Evaluasi adalah suatu proses memilih,mungumpulkan dan menafsirkan informasi untuk membuat keputusan. Tujuan mengevaluasi AUD ini bertujuan untuk merencanakan kegiatan individual dan kelompok untuk berkomunikasi dengan orang tua,mengidentivikasi anak yang mungkin memerlukan layanan khusus dan mengevaluasi pendidikan anak usia dini sudah tercapai atau belum pelaksanaanya.
Proses evaluasi pada AUD tidak sama dengan evaluasi pada tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Pada AUD evaluasi diganti dengan asesman yaitu proses pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kinerja siswa dan bagaimana ia melakukan sebagai dasar pengambilan keputusan pendidikan anak yang berguna bagi siswa. Asesmen tidak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program belajar tetapi untuk mengetahui perkembanangan atau kemajuan anak.
Evaluasi adalah suatu proses memilih,mungumpulkan dan menafsirkan informasi untuk membuat keputusan. Tujuan mengevaluasi AUD ini bertujuan untuk merencanakan kegiatan individual dan kelompok untuk berkomunikasi dengan orang tua,mengidentivikasi anak yang mungkin memerlukan layanan khusus dan mengevaluasi pendidikan anak usia dini sudah tercapai atau belum pelaksanaanya.

2.      Prinsip-prinsip asesman
·         Holistic
Asesmen meliputi semua aspek perkembangan anak, seperti fisik motorik, social.moral, emosional, intelektual, bahasa dan kreativitas.Harapannya adalah semua aspek perkembangan tersebut berkembang secara optimal, sehingga setiap anak tumbuh dan berkembang menjadi manusia seutuhnya.



·         Otentik
Yaitu asesmen dilakukan melalui kegiatan yang riil, fungsional, dan alami dengan harapan hasil asesman menggambarkan kemampuan anak yang sesungguhnya.
·         Kontinyu
Yaitu asesmen dilakukan secara harian, mingguan, tergantung pada kapan guru memandang saat yang tepat bagi seorang anak untuk melihat kemapuannya pada aspek tertentu
·         Individual
Asesman dilakukan uuntuk mengamati perkembangan siswa secara individual meskipun dilakukan saat melakukan kegiatan kelompok.Asesman tidak membandingkan hasil kerja siswa yang satu dengan yang lainya tetapi berusaha untuk mengungkapkan kelebihan, kelemahan, dan kebutuhan siswa.
·         Multi sumber dan mukti kompleks
Asesmen dilakukan pada berbagai konteks.Guru juga dapat menggunakan berbagai sunber informasi selain observasi dan karya anak juga perlu mendiskusikan hasil pengamatannya dengan orang tua, anak, dan dengan para professional agar informasi yang diperoleh lebih lengkap.

3.      Teknik asesmen
Cara melakukan asesmen yaitu:
o   Kegiatan peengamatan
o   Pencatatan
o   Pendokumenntasian
Kemudian hasil dicatat dalam bentuk kartu perkembangan anak.

4.      Komponen asesmen
a.      Aspek fisik motorik
ü  Motorik kasar
a)      Memanjat tali
b)      Berlari
c)      Menendang bola
d)      Menagkap bola
e)      Skiping
ü  Motorik halus
a)      Mengancing baju
b)      Menggunting pola
c)      Menali sepatu
d)      Mewarnai pola
e)      Memasang resleting
ü  Organ sensoris
a)   Mendengarkan perintah guru
b)   Menyebutkan ciri-ciri benda
c)   Mampu membedakan berbagai macam rasa
ü  Kesehatan badan
a)      Seimbang tinggi dan berat
b)      Aktif dan lincah
c)      Catatan kehadiran baik

b.      Aspek perkembangan kognitif
ü  Informasi /pengetahuan figurative
a)   Mengenal nama warna
b)   Mengenal nama berbagai bentuk
c)   Mengenal bagian tubuh
d)   Mengenal nama dan alamatnya

ü  Pengetahuan procedural
a)      Menjelasakan bagaimana pergi dan pulang sekolah
b)      Mampu membandingkan benda
c)      Menghitung, menata, mengurutkan,, mengklasifikasikan
ü  Pengetahuan temporal
a)      Mengetahui nam hari dan tanggal
b)      Mengetahui waktu
c)      Mengenal kecepatan
ü  Memori
a)      Mengingat alphabet
b)      Mengingat nam teman
c)      Mengingat nam hari

c.       Aspek perkembangan moral
a)      Mengenal aturan sekolah
b)      Mengenal sopan santun
c)      Mengenal otoritas
d.      Aspek perkembangan social
ü  Interpersonal
a)      Mampu bermain bersama
b)      Mau bergantian dan antri
c)      Mengikuti perintah guru
ü  Personal
a)      Mampu merespon dan menjawab pertanyaan guru
b)      Mampu mengekspresikan diri
c)      Percaya diri untuk bertanya,mengemukakan ide,tampil,dsb
d)      Mandiri saat makan,bekerja,memakai pakaian ,dsb
e)      Mau ditinggal atau tidak ditunggui orang tua selama sekolah
f)       Dsb



e.      Aspek perkembangan emosional
a)      Menunjukkan rasa  aying pada teman
b)      Menunjukkan rasa empati
c)      Mengontrol emosi
f.        Kemampuan dalam disiplin
ü  Matematika dan berhitung
a)   Menghitung benda 1-5
b)   Menghitung benda lebih dari 10
c)   Mengenal angka 1-5
d)   Menjumlahkan sampai 5
ü  Sains
a)      Kemapuan observasi
b)      Mengkomunikasikan hasil observasi
c)      Menggunakan ruang dan waktu
d)      Kemampuan klasifikasi
ü  Pengetahuan social
a)      Mengenal nama teman
b)      Memiliki teman bermain
c)      Menghargai pendapat oatnag lain
d)      Menunjukan rasa empati
ü  Bahasa
a)      Mampu berkomunikasi danagn orang dewasa dan teman sebaya
b)      Memiliki pembendaharaan yang cukup
c)      Mampu mengkomunikasikan ide melalui drama, bermain, atau tulisan
ü  Seni

5.      Instrument asesmen
Dari unsure penilaian yang disebutkan di atas guru dapat mengembangakan instrument penilaian.Untuk kelas dengan banyak siswa guru dapat menggunakan ceklist pada daftar cek.


6.      Portofolio
Merupakan bentuk organisasi hasil belajar anak, biasanya ddalam suatu folder yang berisikan contoh hasil beljar yang menunjukan kemampuan anak.
Portofolio biasanya berisi:
·         Contoh tulisan anak
·         Contoh gambar  anak
·         Kesan anak tentang pendapatnya belajar di TK
7.      Cara penilaian
Penilaian pada AUD hendaknya didasarkan pada kemajuan belajar atau perkembangan individual.Bagaimanapun kondisi anak harus dikembangakan secara optimal. Pemberian nilai anak dapat dilakukan dengan pemberian gambar ekspresi, misalnya tertawa,menangis,dll.
8.      Laporan kemajuan belajar
Unsur-unsur dalam lapoaran kemajuan belajar anak:
1)      Identitas anak
2)      Nama guru
3)      Tahun dan semester
4)      Kemampuan yang dinilai
5)      Contoh hasil belajar
6)      Contoh hasil yang diambil dari portofolio





























DAFTAR PUSTAKA

Hartati,sri.2010.PerencanaanPembelajaran TK.Padang.
Suyatno, Slamet.2005.Konsep Dasar Anak Usia Dini.Jakarta.



































PERENCANAAN PEMBELAJARAN
TUGAS RESUME RENCANA PEMBELAJARAN AUD

logo-unp.jpg


OLEH
NAMA: SEPTIA HANDAYANI
NIM: 1100786
Dosen pembimbing:
Dra.Hj.Sri Hartati



JURUSAN PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012












1 komentar: