Selasa, 25 Desember 2012

PEMBELAJARAN DAN PERMAINAN PADA TK


PEMBELAJARAN  DAN PERMAINAN PADA TK
MAGNET PENARIK
Magnet memebuat anaj kecil meresa senang karena mereka bisa menggunakannya untuk melakukan penelitian sendiri  tanpa gangguan orang dewas.Mereka senang melihat benda yang loncat ke ujung magnet .Selain itu,mereka senang merasakan tekanan ujung magnet yang saling menjauh.
Peralatan:
·         Magnet atau sepasang magnet

·         Benda kecil yang terbuat dari logam,seperti klip kertas,alat makan,dan mainan.

Apa yang di pelajari anak:
Karena ini merupakn ilmu pengetahuan sedehana,anak dapat mengerjakan tugas ini sendiri.hal ini akan memberiny rasa percaya diri dan kesenagan.kegiatan ini mengajarkan anak untuk bertanya dan mencari jawaban.

Apa yang di lakukan anak:
Biarkan anak melihat benda apa yang akan menempel  pada magnet.cobalah pada kertas dan mesin cuci,closet,pegangan pintu,baki  danmainan.
Biarkan anak menggunakan magnet untuk mengangkat benda-benda kecil .
Perhatikan apa yang terjadi bila dua magnet di satukan.apa yang terjadi bila salah satu magnet di putar?apa yang terjadi bila magnet berbentuk tapak kuda,dan bila salah satu di balikkan?

LEMBAR CORETAN AJAIB
Anak sangat suka kosep ada dan hilang dalam sekejap dari lembar coretan ajaib ini.ternyata,ini sangat muda di buat.bila andaa membuatnya sendiri,anda dapat mengatur seberapa besar atau seberapa kecil  lembaran tersebut.

PERALATAN:
·         Selembar kertas karton
·         Kertas karebon
·         Kertas anti minyak
·         Kertas kaca atau plastik bening
·         Selotipdan staples
Apa yang di pelajari anak:
            Anak belajar merencanakan dan menyelesaikan tugas secara teratur.membuat sesuatu yang ia suka akan memberikannya rasa bangga dan percaya diri.
Apa yang dilakukan:
Ambil satu lembar kertas karton.letakkan selembar kertas karton,dengan sisi karbon di atas karton dan direkatkan dengan selotip.kegiatan ini barang kali agak sulit dan si anak membutuhkan bantuan

Dia tidak prlu menutupi seluruh tepinya,cukup untuk menahan   agar kertas  tetap berada di tempatnya.
Berikutnya,tutup kertas karbon dengan kertas anti minyak .lalu,tutup lagi dengan selembar kertas kaca atau plastik bening yang tipis.kedua lembar terakhir ini di rekatkan hanya pada tepi  atas.
Gunakan selotip dan staples untuk melakukan ini.
Menggambarlah di atas lembaran.gambar bisa di hapus dengan cara mengangkat dua lembar kertas paling atas.

TINTA TRANSEPARAN
Ini adalah sulap sekaligus ilmu pengetahuan.air mengalir di atas lilin.anda bisa menunjukkannya kepada anak dengan mengoleskan mentega  kesetengah koran dan menciprati koran dengan air.mentega akan menghalangi air sehingga tidak menembus keatas koran.bibik memiliki bulu kedap air yang mengikuti prinsip yang sama.
PERALATAN:
·         Lilin dan krayon
·         Kertas
·         Cat air,kuas
·         Sari kentang atau lemon
·         Mentega

Apa yang di pelajari anak  :
Anak akn mengetahui bahwa minyak dan air tidak bisa bercampur .bila anak sudah paham dia bisa memahami berbagai hal. anak belajar mencari minyak di air dan mencampurkan minyak goreng dengan air.lihat bagaimana lemak menyerap di atas kaldu saat menjadi dingin.
Apa yang di lakukan:
Tutup kertas dengan menggosokkan lilin .letakkan tertelungkup di atas  lembar kertas kedua  dan tulis pesan yang di lembar kertas paling atas.untuk membaca isi pesan ,catlah bagian atas kertas yang terletak dibawah.
Si anak bisa menulis pesan dengan menggunakan lilin seperti krayon .selanjutnya,sapukan cat air di atas tulisan ini.
Sari kentang atau lemon dapat di gunakan untuk menulis pesan.hangatkan adalam  oven jilka pesan ingin dibaca.bujuk si anak untuk membuat gambar rahasia dengan lilin  dan coba tebak gambarnya(atau sebalikny).gambarnya akan terlihat elas saat dia menyapukan cat di atas lilin.dia bisa mendapatkan hasil yang sama bila menggunakan krayon atau mentega walaupun,cara ini tidak begitu rahasia.

TIUP GELEMBONG
 Gelembong dijamin bisa membuat anak-anak gembira .mereka senang melihat car a gelembong melayang ,bersinar,dan memantulkan warna warni .mereka juga senag melihat  gelembong saling menempel dan berubah bentuk,pada akhirnya merek asenag melihat gelembong yang pecah.
PERALATAN:
·         Campuran gelembung
·         Teko lama dan sedotan
·         Bubble bath
·         Mangkuk,kolam kecil(pilihan)dan selang air
·         Sabun cair dan mangkuk
·         Cat bubuk dan kertas
·         Sabun
·         Tabung karton dari dalam golongan tisu toilet atau tisu dapur
·         Bahan  yang mudah mengisap  cairan seperti tali gorden
·         Tongkat
Apa yang di pelajari anak :
Anak akan memperoleh rasa percaya diri dan persaan bangga telah mencapai sesuatu,pengendalian nafas dan juga akan membantu kemampuan bernyanyi dan berbicar.

APA YAN G DI LAKUKAN ANAK:
·         Permainan gelembung
Botol –botol kecil yang   berisi canpuran gelembong udara banyak terdapat di berbagai tempat.anda bisa mengisisi kembali botol denf]gan campuran sabun cair dan air,biarkan anak meniupnya sendiri (walaupun anda harus memegangi tempatnya).
Isi teko lama dengan campuran gelembong ,setelah itu gunakan sedotan untuk meniup gelembong di cairkan melaui cereknnya.dan perhatikan gelembung bertumpuk di tepi  teko.
Saat mandi tambahkan bubble bath,buat sarung tangan atau kaos kaki dari gelembung ,

·         Membuat  gambar dengan gelembung
Masukkan air dan sabun cair ke dalam mangkuk  tambahkan sedikit cat bubuk sedutan kepada anak untuk membuat gelembung ,sekarang letakkan selembar kertas di  atas gelembung,angkat dan sisihkan koran agar mengering dengan sisi gelembung menghadap keatas ,dengan perlahan-lahan akan meletus dan meninggalkan pola lingkaran yang bertumpuk.ini bisa menjadi kertas kdo yang cantik.
·         Membuat gelembung raksasa
Ambil semangkuk air ,sabun,dan sebuah tabung untuk tabungnya gunakan bagian tengah  rol tisu dapur,celupkan ujung tabung kedalam airlalu gosokkn ke permukaan sabun sampai membentuk lapisan sabun,dan cara lain membuat gelembung sabun dengan membuat lingkaran raksasa adalahdengan membuat lingkaran (dengan deameter 25cm/10inci) dari bahan yang mudah menghisap cairan seperti tali garden .buat dua lingkaran pada tali,dengan jarak sepertig  dari ukuran keliling lingkaran,masukkan tongkat  melalui lubang simpul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar